Minggu, 27 Juli 2025

BAB 1 KELAS 8 : INSPIRASI AL-QUR'AN, MENJAGA ALAM DAN KEHIDUPAN

Bismillahirrahmanirrahim.

Allahumma Sholli 'Ala Sayyidina Muhammad Wa "Ala "Ali Sayyidina Muhammad.

Petunjuk.

Baca Modul PAI Bab 1 ini dengan cermat ! Pelajari dan fahami isinya. Siapkan pertanyaan yang belum kalian fahami. Jangan malu untuk bertanya.

Ayo kita baca.

"INSPIRASI AL-QUR’AN : MENJAGA ALAM DAN KEHIDUPAN"

I. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar

  • KI 1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  • KI 2: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, dan percaya diri dalam berinteraksi.
  • KI 3 (Pengetahuan): Memahami isi kandungan Al-Qur’an tentang kewajiban menjaga alam dan kehidupan.
  • KI 4 (Keterampilan): Menyajikan pemahaman tentang ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan dan kehidupan.



II. RINGKASAN MATERI (Dalam Bentuk Poin-Poin Penting)

A. Inspirasi Al-Qur’an tentang Menjaga Alam

  1. Alam sebagai Amanah: Allah menciptakan alam semesta sebagai amanah untuk dijaga, bukan dirusak.
  2. Keseimbangan Alam (Mīzān): Dalam Surah Ar-Rahman (55:7-8), Allah memerintahkan manusia menjaga keseimbangan (mīzān) agar tidak berlebihan.
  3. Manusia sebagai Khalifah: Dalam QS. Al-Baqarah: 30, manusia ditunjuk sebagai khalifah di bumi untuk memakmurkan dan menjaga bumi.
  4. Larangan Merusak: QS. Al-A’raf: 56 melarang manusia membuat kerusakan di muka bumi setelah diperbaiki.
  5. Hadis Nabi SAW: “Tidaklah seorang Muslim menanam pohon atau menabur benih, lalu ada burung, manusia, atau hewan memakannya, melainkan itu menjadi sedekah baginya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

B. Menjaga Kehidupan dalam Perspektif Islam

  1. Islam Menjunjung Nilai Kehidupan: Kehidupan adalah karunia terbesar dari Allah yang harus dijaga dan dihormati.
  2. Larangan Membunuh Tanpa Alasan yang Benar: QS. Al-Maidah: 32 menjelaskan bahwa membunuh satu jiwa sama seperti membunuh seluruh manusia.
  3. Anjuran Menolong Kehidupan: Siapa yang menyelamatkan satu jiwa, seolah-olah menyelamatkan seluruh umat manusia. (QS. Al-Maidah: 32)
  4. Menjaga Jiwa adalah Tujuan Syariat (Maqashid Syariah): Salah satu tujuan utama syariat Islam adalah menjaga jiwa/hidup manusia.
  5. Hadis Nabi SAW: “Seorang Muslim adalah orang yang tidak mengganggu orang lain dengan lisan dan tangannya.” (HR. Bukhari)

No

Dalil

Terjemahan Singkat

1.

QS. Ar-Rahman: 7-8

 "Dan Allah telah meninggikan langit dan Dia meletakkan neraca (keseimbangan), supaya kamu jangan melampaui batas dalam neraca itu."

2.

QS. Al-A’raf: 56

"Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi setelah (Allah) memperbaikinya."

3.

QS. Al-Baqarah: 30

"Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi."

4.

QS. Al-Maidah: 32

"Barangsiapa yang membunuh seorang manusia... maka seakan-akan dia telah membunuh seluruh manusia."

5.

HR. Bukhari & Muslim

"Menanam pohon menjadi sedekah bagi Muslim jika dimanfaatkan oleh makhluk hidup."


IV. SOAL PILIHAN GANDA (10 SOAL)

Petunjuk: Pilihlah jawaban yang paling tepat!

  1. Manusia diberi tugas oleh Allah sebagai khalifah di bumi artinya...
    • A. Menjadi pemimpin agama
    • B. Menjaga dan memakmurkan bumi
    • C. Mencari kekuasaan di bumi
    • D. Menguasai semua makhluk
  2. Dalam QS. Ar-Rahman: 7-8, Allah memerintahkan manusia untuk...
    • A. Menjadi ahli hisab
    • B. Menghancurkan neraca
    • C. Menjaga keseimbangan
    • D. Menyerang langit dan bumi
  3. Ayat yang melarang perusakan bumi setelah diperbaiki adalah...
    • A. QS. Al-Maidah: 32
    • B. QS. Al-A’raf: 56
    • C. QS. Al-Baqarah: 30
    • D. QS. An-Nisa: 9
  4. Hadis tentang menanam pohon menunjukkan bahwa...
    • A. Pohon bisa disembah
    • B. Tanaman adalah makhluk tertinggi
    • C. Tanaman memberikan pahala jika bermanfaat
    • D. Tidak penting menanam pohon
  5. Fungsi utama manusia sebagai khalifah adalah...
    • A. Membuat kerusakan
    • B. Menyebarkan kejahatan
    • C. Memakmurkan dan menjaga bumi
    • D. Menguasai semua makhluk
  6. Menyelamatkan satu nyawa dianggap seperti menyelamatkan seluruh manusia, menurut...
    • A. QS. Al-Baqarah: 2
    • B. QS. Al-Maidah: 32
    • C. QS. Al-Fatihah: 1
    • D. QS. Al-A’raf: 55
  7. Dalam Islam, menjaga jiwa merupakan...
    • A. Perkara duniawi
    • B. Tujuan utama syariat
    • C. Kewajiban tentara
    • D. Tugas dokter saja
  8. Neraca (mīzān) dalam QS. Ar-Rahman bermakna...
    • A. Timbangan dosa
    • B. Timbangan uang
    • C. Keseimbangan alam
    • D. Ukuran amal
  9. Dalil yang menunjukkan larangan membunuh secara umum terdapat pada...
    • A. QS. Al-Furqan: 68
    • B. QS. Al-Maidah: 32
    • C. QS. An-Nisa: 12
    • D. QS. Ali Imran: 19
  10. Islam sangat menghargai kehidupan karena...
    • A. Kehidupan adalah jalan menuju kekuasaan
    • B. Kehidupan adalah jalan untuk amal dan ibadah
    • C. Semua orang ingin hidup lama
    • D. Mati itu menyakitkan

V. SOAL ESSAY BERSTRUKTUR (5 SOAL)

  1. Jelaskan makna manusia sebagai khalifah di bumi menurut QS. Al-Baqarah: 30!
  1. Apa pesan yang terkandung dalam QS. Al-A’raf: 56 terkait pelestarian lingkungan?
  1. Bagaimana cara kita sebagai pelajar menjaga kehidupan di lingkungan sekolah?
  1. Uraikan hubungan antara menjaga alam dengan menjaga kehidupan manusia!
  1. Jelaskan makna hadis Nabi tentang pahala menanam pohon dan relevansinya di era modern!

VI. LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

LKPD 1: Refleksi Diri (Mandiri) – Menjadi Khalifah di Sekolah

Instruksi: Isilah tabel berikut berdasarkan kegiatan sehari-hari di sekolah!

No

Kegiatan

Apakah mencerminkan tanggung jawab sebagai khalifah? Jelaskan!

1.

Membuang sampah pada tempatnya

Ya/Tidak – Alasan: ……………………..................................


2.

Menyiram tanaman sekolah


Ya/Tidak – Alasan: …………………….................................


 

3.

Mencontek saat ujian

Ya/Tidak – Alasan: …………………….................................

.

 

4.

Membantu teman yang jatuh

Ya/Tidak – Alasan: ……………………..................................


 

5.

Merusak fasilitas sekolah

Ya/Tidak – Alasan: ……………………...................................


LKPD 2: Proyek Kelompok – Kampanye "Hijaukan Sekolahku"

Tujuan: Menumbuhkan kesadaran menjaga alam sebagai bagian dari ibadah.

Peserta didik membawa tanaman untuk ditanam di sekitr lingkungn sekolah atau pesert didik menunjukan rasa cintanya kepada tanaman.

Keterangan : Pengambilan nilai PAI BAB 1 bagi siswa yang membaca(Tulis nama kalian di kolom komentar). Terima kasih

Guru Mapel

Bambang Susilo,SS



2 komentar:

BAB 1 KELAS 10 : MERAIH KESUKSESAN DENGAN KOMPETISI DALAM KEBAIKAN DAN ETOS KERJA

Bismillahirrahmanirrahim. Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad Wa Ala Ali Sayyidina Muhammad. Petunjuk : Bacalah dengan cermat modul di b...