Bismillahirrahmanirrahim.
Allahumma Sholli 'Ala Sayyidina Muhammad Wa "Ala "Ali Sayyidina Muhammad.
Petunjuk.
Baca Modul PAI Bab 1 ini dengan cermat ! Pelajari dan fahami isinya. Siapkan pertanyaan yang belum kalian fahami. Jangan malu untuk bertanya.
Ayo kita baca.
"INSPIRASI AL-QUR’AN : MENJAGA ALAM DAN KEHIDUPAN"
I. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
- KI 1: Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya.
- KI 2: Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, dan percaya diri dalam
berinteraksi.
- KI 3 (Pengetahuan): Memahami isi kandungan
Al-Qur’an tentang kewajiban menjaga alam dan kehidupan.
- KI 4 (Keterampilan): Menyajikan pemahaman tentang
ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan dan
kehidupan.
II. RINGKASAN MATERI (Dalam Bentuk Poin-Poin Penting)
A. Inspirasi Al-Qur’an tentang Menjaga Alam
- Alam sebagai Amanah: Allah menciptakan alam semesta
sebagai amanah untuk dijaga, bukan dirusak.
- Keseimbangan Alam (Mīzān): Dalam Surah Ar-Rahman
(55:7-8), Allah memerintahkan manusia menjaga keseimbangan (mīzān) agar
tidak berlebihan.
- Manusia sebagai Khalifah: Dalam QS. Al-Baqarah: 30,
manusia ditunjuk sebagai khalifah di bumi untuk memakmurkan dan menjaga
bumi.
- Larangan Merusak: QS. Al-A’raf: 56 melarang
manusia membuat kerusakan di muka bumi setelah diperbaiki.
- Hadis Nabi SAW: “Tidaklah seorang Muslim
menanam pohon atau menabur benih, lalu ada burung, manusia, atau hewan
memakannya, melainkan itu menjadi sedekah baginya.” (HR. Bukhari dan
Muslim).
B. Menjaga Kehidupan dalam Perspektif Islam
- Islam Menjunjung Nilai
Kehidupan:
Kehidupan adalah karunia terbesar dari Allah yang harus dijaga dan
dihormati.
- Larangan Membunuh Tanpa Alasan
yang Benar: QS.
Al-Maidah: 32 menjelaskan bahwa membunuh satu jiwa sama seperti membunuh
seluruh manusia.
- Anjuran Menolong Kehidupan: Siapa yang menyelamatkan satu
jiwa, seolah-olah menyelamatkan seluruh umat manusia. (QS. Al-Maidah: 32)
- Menjaga Jiwa adalah Tujuan
Syariat (Maqashid Syariah): Salah satu tujuan utama syariat Islam adalah
menjaga jiwa/hidup manusia.
- Hadis Nabi SAW: “Seorang Muslim adalah orang yang tidak mengganggu orang lain dengan lisan dan tangannya.” (HR. Bukhari)
No |
Dalil |
Terjemahan Singkat |
1. |
QS.
Ar-Rahman: 7-8 |
"Dan Allah telah meninggikan langit dan
Dia meletakkan neraca (keseimbangan), supaya kamu jangan melampaui batas
dalam neraca itu." |
2. |
QS.
Al-A’raf: 56 |
"Dan
janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi setelah (Allah)
memperbaikinya." |
3. |
QS.
Al-Baqarah: 30 |
"Sesungguhnya
Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." |
4. |
QS.
Al-Maidah: 32 |
"Barangsiapa
yang membunuh seorang manusia... maka seakan-akan dia telah membunuh seluruh
manusia." |
5. |
HR.
Bukhari & Muslim |
"Menanam
pohon menjadi sedekah bagi Muslim jika dimanfaatkan oleh makhluk hidup." |
IV. SOAL PILIHAN GANDA (10 SOAL)
Petunjuk: Pilihlah jawaban yang paling
tepat!
- Manusia diberi tugas oleh Allah
sebagai khalifah di bumi artinya...
- A. Menjadi pemimpin agama
- B. Menjaga dan memakmurkan
bumi
- C. Mencari kekuasaan di bumi
- D. Menguasai semua makhluk
- Dalam QS. Ar-Rahman: 7-8, Allah
memerintahkan manusia untuk...
- A. Menjadi ahli hisab
- B. Menghancurkan neraca
- C. Menjaga keseimbangan
- D. Menyerang langit dan bumi
- Ayat yang melarang perusakan
bumi setelah diperbaiki adalah...
- A. QS. Al-Maidah: 32
- B. QS. Al-A’raf: 56
- C. QS. Al-Baqarah: 30
- D. QS. An-Nisa: 9
- Hadis tentang menanam pohon
menunjukkan bahwa...
- A. Pohon bisa disembah
- B. Tanaman adalah makhluk
tertinggi
- C. Tanaman memberikan pahala
jika bermanfaat
- D. Tidak penting menanam pohon
- Fungsi utama manusia sebagai
khalifah adalah...
- A. Membuat kerusakan
- B. Menyebarkan kejahatan
- C. Memakmurkan dan menjaga
bumi
- D. Menguasai semua makhluk
- Menyelamatkan satu nyawa
dianggap seperti menyelamatkan seluruh manusia, menurut...
- A. QS. Al-Baqarah: 2
- B. QS. Al-Maidah: 32
- C. QS. Al-Fatihah: 1
- D. QS. Al-A’raf: 55
- Dalam Islam, menjaga jiwa
merupakan...
- A. Perkara duniawi
- B. Tujuan utama syariat
- C. Kewajiban tentara
- D. Tugas dokter saja
- Neraca (mīzān) dalam QS.
Ar-Rahman bermakna...
- A. Timbangan dosa
- B. Timbangan uang
- C. Keseimbangan alam
- D. Ukuran amal
- Dalil yang menunjukkan larangan
membunuh secara umum terdapat pada...
- A. QS. Al-Furqan: 68
- B. QS. Al-Maidah: 32
- C. QS. An-Nisa: 12
- D. QS. Ali Imran: 19
- Islam sangat menghargai
kehidupan karena...
- A. Kehidupan adalah jalan
menuju kekuasaan
- B. Kehidupan adalah jalan
untuk amal dan ibadah
- C. Semua orang ingin hidup
lama
- D. Mati itu menyakitkan
V. SOAL ESSAY BERSTRUKTUR (5 SOAL)
- Jelaskan makna manusia sebagai khalifah di bumi menurut QS. Al-Baqarah: 30!
- Apa pesan yang terkandung dalam QS. Al-A’raf: 56 terkait pelestarian lingkungan?
- Bagaimana cara kita sebagai pelajar menjaga kehidupan di lingkungan sekolah?
- Uraikan hubungan antara menjaga alam dengan menjaga kehidupan manusia!
- Jelaskan makna hadis Nabi tentang pahala menanam pohon dan relevansinya di era modern!
VI. LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
LKPD 1: Refleksi Diri (Mandiri) – Menjadi Khalifah di
Sekolah
Instruksi: Isilah tabel berikut berdasarkan
kegiatan sehari-hari di sekolah!
No |
Kegiatan |
Apakah mencerminkan tanggung jawab sebagai
khalifah? Jelaskan! |
1. |
Membuang
sampah pada tempatnya |
Ya/Tidak –
Alasan: …………………….................................. |
2. |
Menyiram
tanaman sekolah |
Ya/Tidak –
Alasan: ……………………................................. |
3. |
Mencontek
saat ujian |
Ya/Tidak –
Alasan: ……………………................................. . |
4. |
Membantu
teman yang jatuh |
Ya/Tidak –
Alasan: …………………….................................. |
5. |
Merusak
fasilitas sekolah |
Ya/Tidak –
Alasan: ……………………................................... |
LKPD 2: Proyek Kelompok – Kampanye "Hijaukan
Sekolahku"
Tujuan: Menumbuhkan kesadaran menjaga alam
sebagai bagian dari ibadah.
Peserta didik membawa tanaman untuk ditanam di sekitr lingkungn sekolah atau pesert didik menunjukan rasa cintanya kepada tanaman.
Keterangan : Pengambilan nilai PAI BAB 1 bagi siswa yang membaca(Tulis nama kalian di kolom komentar). Terima kasih
Guru Mapel
Bambang Susilo,SS
Assalamu'alaikum wr.wb.
BalasHapusTulis disini yah anak anak hebat.
Terima kasih.
ZAHRAN AL FIQRAN 8.A
BalasHapus